Mbah Nur; Terindeks oleh Wikipedia Sebagai Tokoh Pendidikan Islam Pemalang

Posted by Miftahudin Moga II on Sunday, June 24, 2012

Kilasan berita JasaGuru pekan ini salah satunya adalah seputar tokoh pendidikan islam lokal di Jawa. Adalah salah seorang Waliyullah bernama Mbah Nur, yang melegenda sampai sekarang nama dan ajarannya yang sangat dekat dengan sejarah kampung Walangsanga di Kabupaten Pemalang. Sederhanaya jika kita googling dan searching di wikipedia indonesia dengan mengetikkan Tokoh Pendidikan Islam, maka dalam urutan ke-10 akan ditemukan profil Desa Walangsanga.

Indeks Wikimedia ini menjadikan kampung ini terkenal di dunia online (internet) bahwa  ampung yang benar-benar melegenda di Pemalang ini patut menjadi inspirator pendidikan di daerah tersebut. Urutan ke-10 Indeks wiki ini tersebut menempati uurutan setelah indeks Nurcholis Madjid (Alm) dan di urutan berikutnya adalah Arif Rachman tokoh pendidikan Lab School Jakarta.
Mbah Nur; Inspirator Pendidikan Islam di Pemalang - Jateng
Berikut kilasan dari Wiki:

Walangsanga adalah desa di kecamatan Moga, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Berpenduduk sekitar 8.000 jiwa. Sebagian besar bekerja sebagai perantau di ibu kota, sisanya lagi bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang.

Desa Walangsanga terkenal melalui seorang waliyullah bernama Mbah Nur yang tinggal di sebuah tempat terpencil yang bernama Blok Manggis. Beliau beruzlah bukan tanpa alasan, selain karena zuhudnya yang tinggi terhadap duniawi beliau juga seorang ulama yang shalih dan menjadi teladan di lingkungan sekitarnya. Saat ini makam beliau banyak yang berziarah, para pengunjung biasanya tidak hanya datang dari sekitar Moga, tetapi juga dari luar Pemalang.

Nama beliau kini diabadikan dalam sebuah sekolah yang bernama MTs. An-Nur Walangsanga yang didirikan awal tahun 2000 dan mulai beroperasi tahun 2002, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam An-Nur yang didirikan oleh tokoh masyarakat setempat. Tujuan utama pendirian sekolah tersebut adalah untuk menyediakan sekolah lanjutan pertama yang mudah dijangkau oleh masyarakat terutama anak-anak yang orangtuanya punya keterbatasan secara ekonomi.

Tokoh-tokoh pendirinya diantaranya :
1. Letkol (Purn) TNI AD Talup Istiloka (alm)
2. Ky. Rois Amin (alm)
3. Ky. Syahroni (alm)
4. Ky. Muhammad Hasyim
5. Drs. H. Syamsudin
4. Ust. Nur Kholis R.
5. Ust. Abdul Ghofur F
6. Hj. Roilah R
7. Dashori
8. serta tokoh-tokoh lainnya.

Saat ini MTs An-Nur dipimpin oleh Dra. Nur Azizah sejak tahun 2007 hingga sekarang, dan didampingi oleh Budi Martono, ST.,S.Pd, Heri Puryanto, S.Pd. dan beberapa orang guru dan staf TU.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment